Berbagai jenis katup dapat pula dibedakan dari cara penempatannya pada kepala
silinder. Inovasi mesin sepeda motor dilakukan untuk mengantisipasi kecepatan
tinggi, penambahan tenaga output dan upaya konstruksi seringan mungkin. Ada tiga
macam inovasi katup dari segi penempatannya, yaitu Katup Samping (Side-Valve),
Overhead-Valve (OHV) dan Single Overhead Camshaft (SOHC).
Penempatan katup samping |
Katup samping (SV) merupakan konstruksi yang paling sederhana dan ringan dan
mekanis penggeraknya ditempatkan di samping katup. Model ini dianggap yang
paling tua dan kurang mampu melayani putaran tinggi. Oleh karena itu, model ini
dimodifikasi menjadi model OHV. Katup jenis ini memiliki batang katup yang lebih
panjang karena digerakkan oleh poros cam yang terletak sejajar dengan poros
engkol. Gerakan poros cam dipandu oleh pipa yang terpasang kuat pada blok
silinder. Jenis yang ketiga (SOHC) dirancang untuk membuat komponen sistem katup
lebih ringan. Batang katup digerakkan
bukan oleh poros cam, yang dianggap membuat komponen lebih berat, tetapi melalui roda gigi. Bahkan, pada inovasi terbaru ada pula yang digerakkan oleh rantai (cam chain). Inovasi terakhir ini disebut Double Overhead Camshft (DOHC).
bukan oleh poros cam, yang dianggap membuat komponen lebih berat, tetapi melalui roda gigi. Bahkan, pada inovasi terbaru ada pula yang digerakkan oleh rantai (cam chain). Inovasi terakhir ini disebut Double Overhead Camshft (DOHC).
SV (side valve)
Pada SV atau klep samping, cam dipasang pada poros engkol dan mendorong
keatas dan menggerakkan valve. Valve terpasang disamping piston sehingga
ruang pembakaran lebih besar. Hal ini memungkinkan untuk hasilkan
perbandingan kompresi lebih besar dan mengurangi tenaga mesin. Tipe ini
cocok untuk mesin dengan putaran rendah, biasanya dipakai di mesin
industri.
Pada tipe ini posisi klep berada diantara piston dan digerakkan oleh
rocker arm. Tipe ini ruang kompresinya lebih kecil, sehingga dapat
menghasilkan perbandingan kompresi yang tinggi dan tenaga mesin menjadi
lebih besar. Karena dilengkapi dengan batang penekan yang panjang serta
adanya rocker arm menyebabkan gerakan balik lebih besar dan juga jarak
klep dan cam yang jauh menyebabkan kurang stabilnya ia pada putaran
tinggi
SOHC ( single over head camshaft) Penempatan katup overhead |
Pada tipe ini batang penekan tidak ada, sehingga gerakan balik dapat
dinetralisir. Posisi cam barada diatas silinder yaitu ditengahnya, cam
digerakkan oleh rantai penggerak yang langsung memutar cam sehingga cam
menekan rocker arm. Poros cam berfungsi untuk menggerakkan katup masuk
(IN) dan katup buang (EX), agar membuka dan menutup sesuai dengan proses
yang terjadi dalam ruang bakar mesin. Tipe ini komponennya sedikit
sehingga pada putaran tinggi tetap stabil. Disebut single over head
camshaft karena hanya menggunakan satu cam pada desainnya. Atau SOHC
adalah system poros tunggal di kepala silinder.
DOHC adalah sistem poros ganda di kepala silinder. Fungsi DOHC sama
dengan SOHC, bedanya terletak pada banyaknya poros cam tersebut. Pada
DOHC jumlah poros camnya dua, sedangkan pada SOHC hanya satu. Pada tipe
ini ada yang memakai rocker arm ada juga yang tidak ada. Klep masuk dan
klep buang dioperasikan tersendiri oleh dua buah cam. Tipe DOHC yang
memakai rocker arm alasannya untuk mempermudah penyetelan kelonggaran
klep dan merubah langkah buka klep. Tipe ini perawatannya rumit biaya
pembuatannya tinggi dan mesin lebih berat. Biasanya dipakai pada
mesin-mesin sport kecepatan tinggi
Penempatan katup DOHC |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar